Rabu, 22 Oktober 2008

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP/MTs : SMP Nengeri II Maja
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Jenis Teks : Transactional/Interpersonal
Tema : Personal Life
Aspek/Skill : Mendengar
Alokasi Waktu : 3 X 40 Menit

Standar Kompetensi : 1. Mendengar
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transactional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta ma’af, dan mengungkapkan kesantunan.

Indikator : Merespon ungkapan-ungkapan :
 Meminta dan memberi informasi
 Ungkapan terima kasih
 Permintaan maaf
 Kesantunan

I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat secara lisan dan tertulis :
1. merespon ungkapan meminta dan memberi informasi tentang letak suatu benda/orang
2. merespon ungkapan terima kasih dengan benar
3. merespon ungkapan permintaan ma’af dengan benar
4. merespon ungkapan kesantunan dengan benar


II. Materi Pembelajaran
A. Percakapan-percakapan:
1. A: Where is the book?
B: It is on the table
2. A: Thank you
B: You are well come
3. A: I am sorry
B: It’s okay
4. A: Please come in.
B: All right, thanks.

B. To be : Is, am, are
C. Preposition: on, in, under, at, over
D. Verbs: come, give, lend, open, close
E. Ungkapan baku: Sorry, Thank’s, Please, ok

III. Metode Pemblejaran / Teknik
 Three Phases Tchnique

IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
1. salam dan tegur sapa
2. mengabsen siswa
3. memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab berdasarkan gambar sesuai dengan tema

b. Kegiatan Inti
 Pre-Listening
1.) Tanya jawab yang mengarah ke materi
2.) Mendiskusikan penggunaan to be
3.) Mendiskusikan penggunaan preposition (dengan gambar)
4.) Mendiskusikan penggunaan kata kerja infitive tanpa to
5.) Mendiskusikan ungkapan baku sorry, thank’s, please, ok



 Whilst-listening
1.) Mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, terima kasih, permintaan maaf, dan kesantunan
2.) Menjawab pertanyaan berdasarkan matrei yang diperdengarkan

 Post lisntening
Di luar kelas siswa dapat merespon ungkapan meminta informasi, ungkapan terima kasih, permintaan maaf dan kesantunan dari guru atau seseorang.

c. Kegiatan Penutup
1.) Menanyakan kesulitan siswa
2.) Menyimpulkan hal-hal yang dipelajari
3.) Menigaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan dalam situasi yang sesungguhnya

V. Sumber Belajar
1.) Tanya Buku teks : Let’s Talk, Joko Siswanto, dkk, Prakarya, 2005
2.) Kaset CD/VCD
3.) Script percakapan

VI. Penilaian
a. Teknik
Tes Tulis

b. Bentuk
 Merespon secara tertulis
 Pilihan ganda

c. Instrumen
A. Listen to the expressionand write your response
1.) Student: Sorry I’m late
Teacher: ...........................................

2.) Teacher : Come in,please.
Student : ...........................................


3.) Arif : You are veri kind.
Santi : ...........................................

4.) Student : Thank you for the gift, mom.
Mother : ...........................................

B. Listen to the expression an choose the best answer
1.) Dialog 1
Ratih : Excuse me
Librarian : Yes .................
Ratih : Do you have any english dictionary?
Librarian : Yes, I have two
Ratih : May I borrow one, please?
Librarian : on the shelf over there
Ratih : Than you very much.
Librarian : You’re welcome

Where does the dialogue take place?
a. in a post office b. in a supermarket
c. in a library d. in a book shop

Who are involved in the dialogue?
a. a teacher and a student b. a librarian and a student
c. two close friend d. Two stranger

2.) Dialog 2
Ayu : Lis, do you have a red pen?
Lisa : Yes I do.
Ayu : May I borrow it?
Lisa : I’m sorry, not now. I;m still using it.
Ayu : Ok. Then I’ll find another person

Where does the dialogue take place?
a. in a post office b. in a supermarket
c. in a library d. in a book shop


Who are involved in the dialogue?
a. a teacher and a student b. a librarian and a teacher
c. two close friend d. mother and her daughter

3.) Dialog 3
Ade : It’s very hot today, isn’t it?
Roni : It is
Ade : Let’s sit under the tree.
Roni : Ok. Anyway do you have any candies?
Ade : Sure. Here you are.
Roni : Thanks.
Ade : You’re welcome.

Where does the dialogue take place?
a. on a way home b. in a supermarket
c. in a library d. in a book shop

Who are involved in the dialogue?
a. a teacher and a student b. a librarian and a teacher
c. two close friend d. mother and her daughter

d. Pedoman Penilaian
 Untuk bagian tipe I tiap jawaban benar score 3
 Untuk bagian tipe II tiap jawaban benar score 2
 Jumlah score maksimal :
• Bagian I ; 4 x 3 = 12
• Bagian II ; 6 x 2 = 12
Jumlah = 24
Nilai maksimal = 10
Nilai siswa =
Score perolehan x 100
Score maksimal

Rubrik penilaian :

NO URAIAN SCORE
I. Isi benar, tata bahasa benar 3
Isi benar, tata bahasa kurang tepat 2
Isi dan tata bahasa kurang tepat 1
Tidak jawab 0
Setiap jawaban yang benar 2
Setiap jawaban yang salah 0

Mengetahui, Maja, Agustus 2008
Kepala UPTD SMPN 2 Maja Guru Mata Pelajaran





Obay Sobari, S.Pd. SRI HARYANTI, S.Pd.
NIP. 130799444

Tidak ada komentar: